Kabar baik dari Indragiri Hilir

Guru yang bertugas di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) menyambut positifnya pembayaran dana kesejahteraan yang dilaksanakan sejak pekan lalu. Dana yang disalurkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) itu sangat berarti bagi tenaga pendidik dalam menghadapi puasa dan Hari raya Idul Fitri nanti.

Pernyataan itu disampaikan oleh Sekretaris Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Inhil Drs Pahmijan Sabrah MPd kepada Riau Pos, Selasa (2/10). Dijelaskannya, dana kesejahteraan yang hampir Rp4 juta tersebut merupakan salah satu wujud perhatian yang memang sangat diharapkan oleh tenaga pendidik. Selain itu, pembayaran yang sudah dilakukan sejak pertengahan Ramadan memperlihatkan keseriusan Disdik dalam memperhatikan guru.

Apa yang diungkapkan itu, menurut Pahmijan, bukan ada kepentingan tertentu, melainkan benar apa adanya. Dia menyebut pada tahun-tahun sebelumnya proses pembayaran dana kesejahteraan selalu lambat dan cukup menganggu. Namun karena sudah dilakukan sejak jauh hari, efek yang didapatkan guru sangat positif.

‘’Ini merupakan sebuah fenomena yang positif, kita tidak memuji atau menyanjung Disdik. Tetapi dari pembayaran yang dilakukan sangat awal seperti ini sangat membantu tenaga pendidik dalam mempersiapkan hari raya maupun Ramadan,” ujar Pahmijan.

Adanya tempat khusus di Gedung Tasik Gemilang yang memang dipersiapkan oleh instansi itu, dipandangnya mampu membuat proses penyaluran dana kesejahteraan berjalan lancar. Manajemen administrasi yang berjalan tertib dan teratur menimbulkan suasana yang berbeda dari waktu sebelumnya.

Dengan diterimanya dana kesejahteraan yang didalamnya terdapat tambahan penghasilan dari Bupati Inhil sebesar Rp1 juta tiap bulannya, turut memberikan warna dalam peningkatan kesejahteraan. ‘’Adanya peningkatan perhatian dan kesejahteraan ini harus disikapi guru dengan cara meningkatkan kualitasnya. Dengan jalan banyak membaca, menulis karya ilmiah, mengikuti pelatihan dan seminar, sejalan dengan tuntutan sertifikasi guru,” jelas Pahmijan lagi.

Dia menyatakan, seorang guru tidak boleh berpuas diri dan hanya mengandalkan ilmu pengetahuan yang didapatnya ketika menempuh pendidikan dulu. Pentingnya peranan guru dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) Inhil tidak dapat dipandang rendah. Itu harus dibarengi dengan keseriusan guru untuk berbuat yang terbaik bagi siswanya. Dia mengkritik tenaga pendidik yang stagnan dan tidak ingin berubah. Karena globalisasi yang berlangsung dewasa ini memerlukan perjuangan setulus hati dari guru untuk meningkatkan kualitasnya.(yon)

Sumber: Riau Pos

Leave a comment

Filed under Info

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s